Nge charge HP lewat aki

Setelah kemaren bisa mempreteli komponen2 pada power supply komputer yang ternyata ada komponen2 yang masih berfungsi, akhirnya muncul ide, untuk memanfaatkan rangkain buck converter yang ada untuk membuat charger hape yang sumbernya berasal dari tegangan DC. Setelah mengetahui komponen utamanya yang berupa IC CHN063AC, trus ku bandingkan dengan IC2 yang ada pada sgs thomson, akhirnya aku menemukan datasheet untuk IC MC34063AC yang struktur pin2 pada IC CHN063AC dan MC34063AC mirip.

AKhirnya aku membongkar “kotak doraemonku”, untuk mencari charger hape siemens C55 yang sudah kupreteli demi rasa ingin tahuku terhadap rangakaian internal charger hape (waktu itu charger tersebut kubeli 7500, hehehehe, tapi niatnya emang hanya sekadar ingin tahu rangkaian internalnya, jadi gak melihat sisi kualitas). Setelah mendapatkan konektor untuk nge charge, akhirnya merakit komponen2 yang ada biar bisa menjadi rangkaian charger hape. Berikut gambar rangkaian untuk charger hape lewat aki yang kubuat:

Rangkaian charger ini akan mengeluarkan tegangan DC 5 volt, dengan masukan dari aki minimal 6 volt, dan tegangan masukan yang sudah kucoba sampe dengan 15 volt (lebih dari itu belum kucoba, heheheh, karena aki yang kupunya tegangan keluaran maksimal hanya 13.8 volt).

About these ads

11 Balasan ke Nge charge HP lewat aki

  1. Bushyetdah mengatakan:

    Untuk experiment kayaknya boleh juga tuh. Tapi kalau gak ingin ribet kenapa gak pake 7805 aja.

    “kalo pake 7805 kan mesti beli mas, ini kan cuma ngambil dari bekas psu komputer, trus untuk 78XX itu kalo gak salah input maksimum yang diperkenankan hanya 2x dari tegangan yang akan diregulasi, trus minimumnya kalo gak salah 1.3x dari tegangan yang diregulasi, jadi kalo misal 5 volt kan maksimumnya 10 volt (2×5 volt), trus minimumnya 6.5volt (1.3×5 volt). padahal tegangan aki bisa sampe 13.8 volt.”

  2. Andis mengatakan:

    Bagaimana Gambar dan cara kerja rangkaian charger dengan menggunakan satu buah batu AA saja? mohon bantuannya. Terima kasih

    wah kalo gambarnya aku belum pernah nyoba, tapi bisa menggunakan rangkaian boost converter, jadi rangkaian tersebut berguna untuk menaikkan tegangan dari 1.5 volt menjadi sekitar 6 volt. Inti rangkaian bisa menggunakan IC HCN063 (8 pin), cari datasheet di internet pasti dah ada rangkaian boost converternya. mau nyoba tapi belum ada waktu. IC nya harganya murah sekitar 3000 rupiah

  3. Agung Ud mengatakan:

    Ada rangkaian utk nge-charge 6 volt baterry dengan fasilitas auto off apabila udah penuh? (ada indikator LED mungkin? ). (pake diode zener kah utk “mematikan otomatis” ?)
    Dengan input 13.8 volt dan IC yg gampang di beli.
    thanks ya…

  4. 0z0ne mengatakan:

    Thank’s br0.., gua suka bnget ma rangkaian tadi..dan bisa gak buat emgency lamp..he he?

  5. Ahmad mengatakan:

    Gmna sich cra menambah tgangan pada charger Nokia yg tdak memakai Travo?

  6. dimaz mengatakan:

    mo nanya sedikit nih. bagaimana dapet lilitan yang 65 uH, ngelilit sendiri ato nyopot dari psu komputer. Kalau nyopot, yang sebelah mana ?, soalnya aku punya psu yang udah ngadat nih.
    trims

  7. Bambang mengatakan:

    tolong ajari saya.. ini penting buat saya, bagaimana bikin cas an untuk mp3, pakai aki 12V tapi auto matis mati kalau uda penuh dan ngecas kalau sudah berkurang agar gag rusak (krn kelamaan ngecas).
    ada cas an yang auto tapi pakai listrik gimana ngerubah nya biar bisa pakai dc. terimakasih banyakkkk

  8. esfancho mengatakan:

    wah kayaknya perlu dicoba nih!!

  9. sep mengatakan:

    pa rangkain nieh bz brth lbh lama….?

  10. tutur pamuji mengatakan:

    mas bro,siemens m35nya masih ada gak??kalo masih ada pengen ane tebus…bales ke email ane ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: