Desain PCB dengan EAGLE

Setelah sekitar 5 tahun menggunakan Orcad untuk mendesain PCB akhirnya 2 hari yang lalu aku memutuskan untuk migrasi ke Eagle. Keputusanku untuk migrasi ini didasari karena terlalu besarnya program yang ada pada Orcad sehingga bila mau nge print ditempat yang kuinginkan agak repot karena proses instalasi memerlukan kapasitas yang relatif lebih besar. Selain itu juga pada Orcad (sampai dengan saat ini) aku belum bisa untuk memperbesar lubang yang akan dibor, karena untuk pcb dengan jumlah yang banyak, lubang pcb yang akan dibor bila terlalu kecil, susah untuk mempercepat proses kerja.

Setelah bertanya2 pada mbah google akhirnya aku memutuskan untuk mendownload Eagle seri 4.11 dengan kapasitas sekitar 7 MB (dapat didownload dari cadsoft.com). Setelah didownload dan proses instalasi selesai, proses belajar pun dimulai. Pada Eage ini, saat pertama kali mbuka program maka yang akan muncul adalah Control Panel seperti pada gambar dibawah:

Pada Control panel ini kita menentukan apa yang ingin kita lakukan. Dari sini kita bisa membuat library baru untuk komponen atau bahkan menambahkan (cari library di internet banyak, untuk lebih jelasnya tanya mbah google), membuat schematic bahkan sampai pada proses desain pcbnya. OK. Pertama kali kita masuk untuk membuat skematik diagram, maka setelah memilih schematic , akan muncul layar seperti gambar dibawah:

Setelah terbuka layar seperti pada gambar diatas maka kita bisa membuat skematik baru dengan meng-klik (bener gak sih bahasanya) Add, maka akan muncul library untuk skematik yang ingin kita pilih seperti pada gambar dibawah:

Kemudian kita menempatkan komponen2 tersebut sesuai keinginan kita. Sehingga menjadi seperti pada gambar dibawah:

Setelah menyusun dan menempatkan komponen yang akan dirancang, maka kemudian kita menyambung komponen2 tersebut denganĀ  “wire”, satu per satu sehingga menjadi gambar seperti dibawah:

Kemudian kita perlu menentukan jalur mana saja dipersimpangan seperti pada gambar diatas, yang nyambung dan tidak nyambung dengan menggunakan “junction”, dan kita juga perlu membuat “hole” untuk spacer pada PCB. Karena di layar board tidak bisa menambahkan komponen, jadi penambahan komponen dilakukan pada layar schematic. Sehingga seperti gambar dibawah:

Setelah skematik diagram selesai maka kita cek dengan menggunakan ERD (electronic rule check), untuk memastikan skematik yang kita gambar tidak ada yang salah. Bila sudah tidak ada yang salah maka kita bisa membuka layar board. Pada kondisi ini akan muncul “warning”, seperti pada gambar dibawah:

Kemudian klik aja Yes, maka akan muncul layar baru (board), seperti pada gambar dibawah:

Setelah muncul layar seperti gambar diatas, maka kita perlu menempatkan komponen2 tersebut sesuai dengan desain kita, bila kita sudah menempatkannya, maka akan seperti gambar dibawah:

Setelah menentukan dan menempatkan tata letak komponen maka kita bisa mendesain jalur pcbnya. Jalur pcb bisa dibuat secara otomatis (auto route), maupun manual. Untuk mode auto route, maka kita klik “auto”, maka akan muncul opsi seperti pada gambar dibawah:

Pada contoh ini kita hanya menggunakan bottom layer sehingga pada top layer di disable (N/A=not applicable). Setelah OK, maka program akan langsung membuat jalur secara otomatis sehingga hasilnya seperti pada gambar dibawah:

Setelah selesai, kita bisa langsung nge print hasil pcb gambar diatas, namun bila kita ingin menambahkan (memblok) jalur yang masih kosong yang kemudian ingin kita gabungkan denga jalur pcb yang ada (misal dengan ground) kita bisa menggunakan fasilitas “polygon”. Untuk menggunakan polygon maka kita bisa mengetikan command “poly n$X”. n$X merupakan kode dari masing2 jalur pada komponen yang bersangkutan. Untuk mengetahui nama kode jalur yang ingin kita gabungkan dengan polygon maka kita bisa memanfaatkan “info” dengan meng klik jalur yang ingin kita ketahui, sehingga akan muncul seperti pada gambar dibawah:

Misal pada contoh diatas, kita ingin menggabungkan polygon dengan jalur gnd, maka kita bisa mengetikkan command “poly gnd”, seperti pada gambar dibawah:

Kemudian pada layar akan muncul tool seperti pada gambar dibawah:

Isolate digunakan untuk menentukan jarak blok dengan jalur komponen didekatnya, sedangkan spacing digunakan untuk menentukan jaring pada blok. Kemudian kita bisa memblok jalur pcb seperti pada gambar dibawah:

Setelah selesai memblok maka dengan meng klik “rastness”, maka blok yang kita buat akan menjadi seperti pada gambar dibawah:

About these ads

12 Balasan ke Desain PCB dengan EAGLE

  1. ariefff mengatakan:

    wah masnya masalah ngeprint aja kok susah… ya gambarnya di bikin di fortmat lain tho mas… bmp atau jpg atau yang lain… pakai alt+print screen… trus paste deh… di corel atau paint… tar di rental tinggal ngeprint. enak kan??? klo mbesarin lubang PCB itu mah gampangg masss??? klo aq mending tetep pake orcad deghhh…

    ya alternatifnya emang kadang begitu, jadikan format jpg atau pdf, cuma kadang kalo untuk IC yang package nya TQFP kurang presisi. cara mbesarin lubang pcbnya (pada orcad) bisa di share?

  2. wong jowo mengatakan:

    Kalau buat PCB saya sampai saat ini masih Suka dengan ” PCB Designer “.
    selain programnya mudah , Kalau diprint juga , bisa menggambar double Layer…

    Ya, sebenarnya ini tinggal masalah dalam hal kemudahan saja, karena masing2 orang tentu akan berbeda2 dalam menilai. kalau untuk 2 layer saat ini saya masih terkendala dalam pembuatan through hole. mungkin anda punya pengalaman yang bisa di share mas?

  3. Ichan mengatakan:

    Rekan-rekan terhormat,
    Mohon maaf sebelumnya kalau tidak berkenan,
    Dengan ini kami memperkenalkan perusahaan kami base di Jakarta : AnekaPCB.
    Dapat mengerjakan PCB Prototyping dari : Gerber RS274x, Protel / Altium, OrCAD, Eagle, DipTrace, Proteus Ares, Sprint Layout.
    Single Layer maupun Double Layer Plated Thru Holes. (No Minimum Order)
    Kalau memerlukan informasi lebih lanjut.
    Silahkan berkunjung ke: http://www.anekapcb.com

    Hormat Kami,
    sales@anekapcb.com

  4. Ridwan mengatakan:

    Kalo masalah disain PCB kami pake altium protel dxp, lumayan gampang..

  5. scouteng mengatakan:

    texyu bro, banyak membantu

  6. fred_84m mengatakan:

    permisi mau nnya kalau mau di print kok masih ada gambar komponennya ya, setingnya gimana supaya tampil cuma gambar jalurnya saja nih????………help please, aq pakai eagle versi 5.5

  7. homa mengatakan:

    boleh juga…btw ada free download programnya?

  8. yosua mengatakan:

    Terima kasih ya..

  9. effendi mengatakan:

    untuk ngeprint coba klik display aktifkan yang bottom aja maka akan tergambar jalur aja.
    kalo mau print komponent tinggal diganti bottom dan top yang ga di aktifkan

  10. samsul mengatakan:

    Mas Polong tolong info nya untuk mendapatkan software Eagle versi Profesional dalam bentuk CD Program

  11. Budi mengatakan:

    kalau tipe conector banana jack, kalw pake EAGLE sma aja sama conector apa sich….?

  12. Ichan mengatakan:

    Untuk PCB Assembly dengan SMT Pick & Place machine (tanpa jumlah order minimum):

    http://www.smtindonesia.com

    Thx, Ichan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: