Neon Dengan Aki

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya emergency lamp. Ya, sebuah alat penerangan yang biasa digunakan ketika listrik dari sumber daya yang kita miliki tidak dapat beroperasi secara normal. Alat ini biasa beroperasi dengan menggunakan tenaga cadangan yang biasanya menggunakan sumber tenaga DC (batere). Akhir2 ini alat ini banyak beredar dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Alat yang tersedia sudah termasuk rangkaian charger, dan bahkan ada yang memasukkan radio didalamnya. Tulisan ini tidak bermaksud untuk membahas emergency lamp yang ada dipasaran. Namun mencoba untuk membuat sendiri rangkaian untuk menghidupkan lampu neon dari sumber daya DC yang relatif kecil (sekitar 6-12 volt).

Menghidupkan neon dengan menggunakan tegangan DC lebih menguntungkan dibandingkan dengan tegangan AC yang biasanya sebesar 220 volt, karena kita tidak tergantung pada penyedia tenaga listrik (PLN), sehingga bila listrik dari PLN padam, kita masih bisa menghidupkan lampu neon dengan sumber energi yang lain yang berada disekitar kita, misalkan aki. Untuk dapat menghidupkan lampu neon dengan sumber daya DC (aki), maka kita membutuhkan rangkaian yang berfungsi untuk menaikkan tegangan DC menjadi tegangan AC sekitar 400 volt. Untuk itu digunakan rangkaian inverter. Rangkaian inverter yang dipakai sebaiknya yang dimpel. Untuk itu rangkaian yang dipakai seperti terlihat pada gambar dibawah:

Rangkaian diatas dapat dibuat dengan menggunakan komponen2 bekas radio. Pembuatan rangkaian ini tidak akan lebih dari 10.000. Proses pembuatan yang relatif lama adalah pembuatan transformator. Transformator yang dibuat ini untuk L1,L2, menggunakan kawat email diameter 0.8mm dengan jumlah 28 liit, yang dililitkan pada inti ferit. Inti ferit yang dipakai adalah inti ferit dari radio AM jadul, sehingga tidak mengeluarkan beaya. Untuk L3 dibuat dari kawat email 0.1mm dengan jumlah 500 lilit, dililitkan pada inti yang sama. Lampu neon yang dipake disini menggunakan lampu neon 10 watt. Tegangan sumber yang dipake bisa mulai dari 5.8 volt sampai dengan 13 volt.

About these ads

25 Balasan ke Neon Dengan Aki

  1. BUSHYETDAH mengatakan:

    Neon yang dipakai 10 watt seperti yang pada lampu neon yang pake balast itu?

    iya lampu neon yang pake ballast itu.

  2. soocker mengatakan:

    mas saya suka sekali tentang pembuatan alat ini,tp sayang gambarnya kurang jelas…tlg di perjelas lg y mas gambar dan penjelasanya.dan kl bisa langsung kirim ke email saya soocker.cll@gmail.co.id trimakasih banyak mas….

    Kurang jelasnya bagian yang mana? kalo skematik diagramnya kayaknya cukup jelas dech. Kan rangkaiannya sebenarnya juga cukup sederhana

  3. oong mengatakan:

    mungkin ini salah satu ide bagus saat lampu ….. byar …. pet ….. byar …… pet ……..wah kira kira bisa tahan berapa lama nih ?

    dengan aki 5 Ah dan neon 10 watt, aku pernah nyoba bisa nyala selama 4 jam, abis itu meredup

  4. fajar aswin mengatakan:

    mas, kabel email t di toko elektrik ada jualnya gk???cz, kemaren aq tnya ketoko elektrik tapi gak ada yang tau nama nya kabel email. terus untuk inti feritnya ada alternatif lain gk selain pke bekas radio???coz radio dirumah udah pd masuk museum gudang belakang. klo inverter nya udah ada gimana mas??yang 500watt, tapi aq basicnya bukan anak elektro tapi sangat tertarik dengan dunia kelistrikan.thanks untuk info nya……

    kalo di toko listrik gak ada coba cari di toko elektronik atau di tukang reparasi dinamo (pompa air,mesin cuci,blender). untuk feritnya kalo di radio AM gak ada bisa nyari di toko elektronik, paling cuma 2000 an.

  5. Tempat Cari Duit mengatakan:

    Met kenal, asyik ada temen yang juga suka elektronika neh:-). Kunjungi juga blog aq ya
    Hobby Elektronika

  6. tarma mengatakan:

    saya sudah buat yang percis tapi nyalanya tidak maksimal, bagaimana???????

  7. tarma mengatakan:

    saya sudah buat yang percis tapi nyalanya tidak maksimal, & transistor panas bagaimana???????

    Kalo nyala kurang maksimal, berarti arus yang mengalir lewat transistor kurang besar, konsekuensinya transistor jadi panas.Coba ganti dengan spesifikasi yang mampu mengalirkan arus lebih besar, atau transistor yang sama diparalel.

    • Ir. Joshua Indrya mengatakan:

      klo transistor panas dan nyala kurang terang itu bukan arusnya kurang besar mas. ngapain arus kurang besar kok transistor panas..logikanya begitu kan….coba anda ganti nilai R dan C nya…..itu menentukan frekwensi kerja sebuah transistor. semakin kecil frekwensinya tr akan makin panas.

  8. tarma mengatakan:

    sama aja di paralel 2 Tr jg pns seluruh komponennya. klo boleh tau hrs diganti pke Tr jenis apa agar lebih g panas?

  9. Eko styo mengatakan:

    L1 L2 dan L3 penataannya ditumpuk jadi satu ya mas?

    iya, semua dijadikan satu dalam satu inti ferit, primer dibagian dalam, kemudian yang sekunder dibagian luar

  10. Dani kurniawan mengatakan:

    Miesiye….mo nanya, klo aki yang 5A jam itu yang suka ada di motor ato di mobil & kira2 di pasaran harganya berapa ya?
    Truz klo mo bikin yg 40W akinya musti berapa A jam?
    Trimz :-D

  11. miftahul zailani mengatakan:

    salam kenal mas. kalo kawat emailnya yg 0,8mm, dan 0,1mm. kira2 di butuhkan berapa meter ya mas? mohon bantuanya. krm ke email q aja ya mas! tanks.

  12. Tytoes mengatakan:

    Mas l1 l2 l3 jika diukur dgn meter jd brp meter? Trus feritnya kira panjangnya brp mtr? Antara 0,8mm dan 0,4mm kawatnya yg lbh besar yg mana?

  13. Mr. Ansi mengatakan:

    wah untuk trafonya repot, apa tidak bisa trafo yang lain, yang ada dipasaran

  14. Ihsan Prawoto mengatakan:

    siip segera bikin ach di rumah sering mati lampu

  15. agus badak mengatakan:

    pake aja trafo yang biasa dipasaran juga bisa tuh, dibalik aja…antara primer dan skundernya…,

    kalo ngeliat contoh di atas… lebih bagus kita pake trafo yang ada di pasaran tapi yang type nol kalo males bikin sendiri..he he

  16. Tizz mengatakan:

    Saya suda bikin sperti skema di atas tapi saya menggunakan tr 2n3055.tp nyala lampu tidak terang(normal).saya pakek accu 12/18AH.mohong penjelasannya?trima kasih

  17. agus edi mengatakan:

    mas salam kenal ya,,,
    mas kalo menyalakan motor mesin jahit dengan aki bisa gak ya mas…??

    kalo langsung tersambung dengan aki gak bisa mas, tapi kalo pake rangkaian inverter kemungkinan bisa

  18. Agus edy mengatakan:

    Ow gitu y,
    Makasi y mas…..

  19. Ari cikampek mengatakan:

    Mas ├Čtu ukuran capasitor,resistor.transistor kurang jelas ukurannya berapa

  20. yadik mengatakan:

    dari pada repot beli aja neon dc… harganya tidak sampe 20 ribuan…. banak tuh yang jual di toko listrik……

  21. dany mengatakan:

    maz, q sk bgt elektronik. q pengen belajar bikin. kalo trafo’y pk yg jadi, bisa pake seri brapa? mohon petunjuk’y, trimz…

  22. Akatzuky mengatakan:

    Mas klo buat neon yg 40w gmn?

  23. rohman mengatakan:

    maaf mas…
    jumlah lilitan L1 dan L2 apa hrus sama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: