Menghidupkan kembali siemens c25 yang terkubur

Kejadian ini terinspirasi dari gempa jogja tempo hari. Pagi itu sekitar jam 05.57 terjadi gempa di jogja, dan setelahnya aku mencoba untuk menghubungi keluargaku di jogja untuk memastikan keadaannya baik2 saja (dan alhamdulillah baik2 saja, walaupun kondisi bangunan memprihatrinkan). Ketika masih pagi, aku belum menemui masalah dengan hpku karena kondisi baterai masih dalam keadaan penuh, namun hal ini tidak berlangsung lama, karena ketika siang hari banyak temanku dari luar jogja banyak yang menghubungiku, namun kondisi baterai udah low bat dan listrik mati total (ini terjadi sampe 7 hari sejak gempa), akhirnya aku menolak untuk menerima telepon dari temen2ku untuk menanyakan kabar karena aku memprioritaskan aku bisa dihubungi pihak keluarga. Pada waktu itu sumber tenaga yang tersedia hanyalah aki dari motor/mobil, namun karena aku tidak bisa nge charge hp dari aki mobil/motor, akhirnya hanya bisa gigit jari.

Dari kejadian diatas, kemudian aku teringat bahwa aku pernah memiliki hp yang tidak pernah dipake karena sudah rusak.hp tersebut adalah siemens c25. hp ini adalah hp yang pertama kali kupunya ketika masih kuliah, dan memang banyak menyimpan kenangan. karena rasa sayang dan inspirasi kejadian seperti diatas, maka aku mencoba untuk menghidupkan kembali hp siemens c25-ku sekedar untuk emergency, bila memang tidak ada sumber daya listrik. Setelah aku membuka kotak doraemonku akhirnya aku menemukan bangkai c25. segera setelah itu aku mencoba untuk merancang power supply eksternal pengganti baterai sebesar 3.4 volt dengan menggunakan LM317 dengan sember berasal dari aki motor sebesar 12 volt, gambar skematik dari rangkaian power supply yang kubuat terlihat seperti gambar dibawah ini:

Untuk menentukan tegangan keluaran dari rangkaian ini adalah dengan menggunakan rumus : Vo = 1.25 X (1+(R1/R2)). Setelah dicoba untuk dinyalakan, hanya bisa menyala sebentar trus padam lagi, akhirnya aku memutuskan untuk menaikkan tegangan dari 3.4 volt menjadi 3.6 volt dengan cara merubah nilai dari R1 dan R2. kemudian aku mencoba untuk menghidupkannya dan berhasil, trus dicoba untuk menghubungi (call center), dan berhasil, namun masalah belum selesai, karena ketika menelpon sebentar saja (sekitar 30 detik), LM317 terasa cukup panas, sehingga aku memutuskan untuk menguatkan arus yang keluar, dengan menambahkan transistor D313, sehingga gambar rangkaiannya seperti terlihar gambar dibawah:

Ketika menambahkan penguat transistor ini aku mengganti nilai R1 dan R2, karena pada transistor terjadi drop tegangan sekitar 0.6 volt, dan segera aku mencoba untuk menghubungi call center, dan akhirnya berhasil. kemudian aku mencoba untuk menghubungi temenku (nunggu waktu yang tepat, agar bisa nelpon lama tapi hemat, hehehehhe), akhirnya setelah ngobrol sekitar 30 menit aku dapati rangkaian pengganti bateraiku hanya hangat2 saja dan akhirnya aku mencari resin untuk ngecor rangkaian tersebut agar kedap air, dan akhirnya hp tersebut kini tidak lagi masuk kotak doraemonku, tapi terpampang dikamarku, untuk sekedar emergency hp, bila suatu saat terjadi listrik padam dalam waktu lama dan tidak ada sumber daya yang tersedia untuk nge charge hp.

Satu Balasan ke Menghidupkan kembali siemens c25 yang terkubur

  1. Yus mengatakan:

    bang kalo Hp merk lain gimana?bisa ga pake ni charger?

Tinggalkan Balasan

