Bermain-main dengan Mikrokontroler AVR

Pada tulisan ini polong ingin bermain-main (halah kayak apa aja)dengan mikrokontroler buatan Atmel yang berjenis RISC yaitu mikrokontroler AVR 8 bit. Mikrokontroler ini banyak beredar dipasaran terutama Jogja selain mikrokontroler dari jenis MCS51. Mikrokontroler AVR sendiri memiliki banyak varian, mulai dari mikrokontroler ATTiny15 yang hanya memiliki 8 pin, hingga mikrokontroler ATMega128 yang memiliki 64 pin.

Sebelum bermain-man dengan mikrokontroler AVR, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, yaitu perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk perangkat keras, kita memerlukan apa yang sering disebut dengan sistem minimum, agar mikrokontroler tersebut dapat bekerja. Berikut contoh gambar sistem minimum menggunakan ATTiny2313.

Sistem minimum tersebut menggunakan clock internal yang terdapat pada mikrokontroler tersebut, dimana nilai clock tersebut diatur melalui seting fusebit.
Untuk mengubah nilai clock yang akan digunakan adalah dengan mengubah nilai cksel 3..0 seperti pada gambar dibawah:

Untuk dapat mengubah seting fusebit dan memprogram mikrokontroler, maka kita memerlukan sebuah downloader. Di internet banyak beredar downlooder untuk mikrokontroler AVR, salah satunya adalah Ponyprog. Untuk interface antara komputer dan mikrokontroler sendiri ada banyak cara, salah satunya menggunakan isp yang terdapat pada mikrokontroler, dan inipun banyak tersedia di internet. Salah satunya yang murah (tidak banyak memerlukan perangkat tambahan) adalah seperti yang terlihat seperti pada gambar dibawah:

Setelah memiliki perangkat interface tersebut, maka kita perlu menseting I/O setup seperti terlihat pada gambar dibawah (perlu diperhatikan selain setting pada gambar dibawah, kita juga perlu mensetting LPT pada bios menjadi ECP atau EPP agar bisa digunakan untuk memprogram) :

Setelah selesai bermain2 dengan downloader, kita perlu perangkat lunak untuk membuat program aplikasi untuk mikrokontroler. Program yang tersedia cukup banyak, tergantung keinginan kita, apakah ingin menggunakan assembly, atau bahasa tingkat tinggi seperti C atau Basic. Untuk assembly bisa menggunakan AVR Studio , sedangkan untuk bahasa C bisa menggunakan CAVR yang bisa dicari di avrfreaks.net , sedangkan untuk Basic bisa menggunakan Bascom, namun kita memerlukan lisensi untuk mendapatkan versi yang lengkap.

2 Balasan ke Bermain-main dengan Mikrokontroler AVR

  1. […] dengan mikrokontroler AVR(2) Setelah pada waktu yang lalu kita mencoba untuk mempersiapkan materi (hardware maupun software) untuk belajar mikrokontroler […]

  2. qq mengatakan:

    bang…

    minta contoh program asembly bwt ATmega8535 donk…contoh pa az

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: