Nyambungin kabel data Siemens M35 dengan mikrokontroler AVR

Setelah kemaren punya kabel data untuk Siemens M35, dan bermain2 dengan PC, aku tertarik untuk bermain2 hp siemens M35 dengan menggunakan mikrokontroler. Setelah mengetahui baud rate dari hape siemens M35 yang sebesar 19200 bps, akhirnya sistem minimum yang aku miliki dengan mengganti kristal sebesar 11,0592 MHz agar bisa menghasilkan baud rate 19200 dengan error 0%, akhirnya uji coba pun dimulai.

Setelah nyari kabel pin out dari konektor kabel data yang sesuai dengan com 1, akhirnya, dicoba disambungin dengan mikrokontroler. Berikut gambar konektor DB9:

Setelah konektor kabel data disambungin dengan interface serial MAX232, akhirnya uji coba pun dilakukan. Uji coba pertama dilakukan dengan mencoba untuk menghapus inbox no 1, dengan program dibawah ini:

.include”m8535def.inc”
.def tmp = r16
.def txbyte = r17
.def rxbyte = r18
.def counter =r19
.equ fclock = 11059200
.equ baud_rate = 19200
.equ ubbr_value = (fclock / (16*baud_rate)) – 1

.equ timer =6400
.equ buffer =0x0060

.cseg
.org 0x000
rjmp main

main:
ldi r16,0xff
out ddrb,r16
out PORTB,r16 ;sebagai output LED
out ddrd,r16
out ddrc,r16
out PORTD,r16 ;sebagai output handphone
out portc,r16
ldi tmp,low(ramend)
out spl,tmp
ldi tmp,high(ramend)
out sph,tmp

rcall init_usart

kirim_cmgd:
ldi zl,low(2*msg10)
ldi zh,high(2*msg10)
load10:
lpm
mov txbyte,r0
cpi txbyte,0
breq selesaihapus
rcall usart_tx
inc zl
rjmp load10

;=============
; usart init
;=============
init_usart:
ldi tmp,high(ubbr_value) ; Set baud rate
out UBRRH, tmp
ldi tmp,low(ubbr_value)
out UBRRL, tmp
ldi tmp, (1<<RXEN)|(1<<TXEN);|(1<<RXCIE) ; Enable Receiver and Transmitter
out UCSRB,tmp
ldi tmp, (1<<URSEL)|(3<<UCSZ0) ; Set frame format: 8data, 1stop bit
out UCSRC,tmp
ret

;=====================
; usart transmit data
;=====================
usart_tx:
sbis UCSRA,UDRE ; Wait for empty transmit buffer
rjmp usart_tx
out UDR,txbyte ; Put data into buffer, sends the data
ret

;======================
; usart receive data
;======================
usart_rx:
sbis UCSRA, RXC ; Wait for data to be received
rjmp usart_rx
in rxbyte, UDR ; Get and return received data from buffer
ret

msg10:
.db “at+cmgd=1”,13,10,0 ;menghapus inbox no 1

Ternyata dengan program diatas tidak jalan, aku fikir tidak ada yang salah dengan program yang kubuat, akhirnya aku berfikir, mungkin didalam kabel data tersebut terdapat chip yang membutuhkan tegangan catu daya dari luar. Akhirnya kabel data tersebut kubongkar dan ternyata benar, bahwa didalam kabel data tersebut terdapat IC MAX2323 dimana tegangan catu yang digunakan diambil dari pin 4 dan pin 7 dari konektor DB9. Saat disambungkan melalui komputer, maka tegangan catu diambil dari konektor DB9 tersebut, akhirnya saat tersambung dengan mikrokontroler maka aku membuatkan tegangan catu tambahan untuk mencatu IC dalam kabel data tersebut. Tegangan yang aku berikan hanyalah sebesar 5 volt yang diambil dari tegangan yang dipake mikrokontroler. Berikut susunan sambungan konektor DB9 pada mikrokontroler dengan kabel data.

NB: Berikut contoh hubungan rangkaian mikrokontroler AT90S8515 dengan M35

30 Balasan ke Nyambungin kabel data Siemens M35 dengan mikrokontroler AVR

  1. domi mengatakan:

    hai, aku baru saja berexperimen seperti mas, tapi kok masih saja ngak bisa kenapa ya?
    aku pakai cabel data original m35i buatan china, tapi masih juga belum bisa.
    sampai rangkaian di dalam kabel data aku bongkar juga masih blum bisa, mas tolong dong kasi solusi buat aku. o iya aku pakai mc nya at89s51, coba komu ikasi dgn pc ngak masalah. softwarenya aku yakin ngak deh.

    kalo komunikasi dengan pc gak masalah, berarti kabel data gak masalah. cuma pada kabel data biasanya ada IC driver max2323 yang power supplynya (kalo pake PC biasa diambil dari pin 7 dan 4 pada COM), kalo misal mo disambungin dengan mikrokontroler, maka kabel data tersebut perlu mendapatkan power supply eksternal, dengan cara menyambung pin 7 dan 4 kemudian disambungkan dengan catu 5 volt.

  2. bugie mengatakan:

    bos beli kabel datanya dimana? gue lagi butuh juga nich

    aq beli di kranggan (jogja), selatan S Cell, namanya lupa, emang dibanyak tempat dah gak ada barangnya, disana pun, sewaktu aku beli tinggal 2 biji

  3. tom mengatakan:

    Aq juga lagi buat aplikasi semacam itu. pake M35 juga. tapi pin yg ku pake cuma Tx,Rx,Gnd atau pin 2.3.5. utk mikronya atmega32. saat ambil sms sudah bisa (at+cmgl=0) ataupun mengahapus inbox (at+cmgr=1). tapi saat ambil sms data PDU nya masih kacau (tidak sama dengan waktu pake hyperterminal). kira-kira knp ya? apa kabelnya kurang bagus. tolong bantuin dong….

    thanks

    kalo menurutku, karena dah bisa baca dan hapus, masalah bukan di kabel data. mungkin saja program untuk konversi dari septet ke ascii. mungkin bisa di cek dengan membuat program untuk membaca sms, kemudian sms tersebut ditampilkan di lcd, kemudian bandingkan tampilan di lcd dengan tampilan pada hiperterminal. kalo gak sama kemungkinan program untuk konversi septet ke ascii nya perlu dikoreksi. semoga membantu

  4. tom mengatakan:

    sebelumnya makasih, aq mau ty lagi nih. sebenarnya HP saat mengirim isi SMSnya itukan dalam btk PDU(7 bit) apakah setting komunikasi serilanya juga mengikuti 7 data. sekarang aku pake 8 data, 1 stop, non parity.

    terus kalo pake LCD apakah yang ditampilkan ke LCD dalam sudah dalam bentuk PDU

    Kalo seting komunikasi serialnya cukup 8 paket data, 1 bit stop dan non parity. untuk yang akan ditampilkan di LCD masih seperti aslinya (belum dalam bentuk ASCII)

  5. santosa mengatakan:

    mas gambar rangkaian diatas diperjelas dunk….
    trus saya mau tanya…. dalam komunikas m35 dengan mikrokontroller berarti menggunakan 2 ic max 232 dunk, pertama max232 yang terdapat didalam kabel data dan max 232 untuk menghubungkan dengan mikro. benar gak mas?

    kalo boleh minta gambar rangkain interface m35 dengan avr dunk… terima kasih atas bantuannya nanti. semoga tuhan membalas kebaikan mas…

    ya, untuk menghubungkan mikrokontroler dengan M35 lewat kabel data dibutuhkan ic max232 (kita mesti membuat rangkaian tersendiri), trus pada soket RS232 pin 7 dan 4 pada kabel data disambungkan dengan catu daya 5 volt untuk catu daya ic pada kabel data (ketika tersambung ke PC kabel data tersebut dapat catu dari PC)

  6. santosa mengatakan:

    makasih loh mas atas pencerahannya… hari ini mau saya coba lagi… ntar klo gak bisa saya tanya lagi ya….

    kembali. semoga lancar eksperimennya

  7. santosa mengatakan:

    mas… saya dah coba rangkaian punya mas… tapi kenapa masih ndak bisa ya…
    saya mau tanya sesuai rangkaian yang ada tampilkan, apa benar pin 7 (max232) yang terhubung ke pin 3 (DB9), bukankah seharusnya pin 14 yang terhubung ke pin 3 (DB9)…

    kedua cara itu sudah saya coba tapi masih belum bisa… padahal kabel data yang saya gunakan lewat komputer lancar2 saja…. kira2 kemungkinan salah nya dimana ya mas?

    Sebenarnya gak masalah mo pake pin 7 atau pin 14, karena keduanya digunakan untuk transmit (TX), disitu pin 7 dinamakan T2Out sedangkan pin 14 dinamakan T1Out, konsekuensinya jika menggunakan pin 7, maka yang tersambung ke TXD mikrokontroler adalah pin 10 (MAX232), sedangkan jika menggunakan pin 14, maka yang tersambung ke pin TXD mikrokontroler adalah pin 11\
    Begitu pula bila ingin menyambungkan pin 2 DB9 dengan IC MAX232, maka dapat menggunakan pin 8 atau pin 13, semoga membantu

  8. raudhatul mengatakan:

    ahirnya aku mendapatkan pencerahan dari kebingunganku selama ini,,,,

    makasih mas…

    aku mau coba dulu..

    oya mas, klo boleh, aku minta gambar yang jelas donk rangkaian interface avr dengan kabel data HP siemen m35 ato c45.

    klo gak bisa di tampilkan disini, tolong kirimkan k email saya donk

    makasih banyak mas.

    sama2, semoga membantu. skematik hubungan hp ke mikrokontroler ada seperti gambar dibawah

  9. sivanska mengatakan:

    sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih, saya dapat masukan dari sini. sebelumnya saya dibuat pusing gara-gara c35 saya tidak mau nyambung dengan mikrokontroler, padahal rangkaian max232 tidak ada masalah jika dipakai dengan komputer, dan dari semua referensi yang saya dapat untuk menghubungkan c35 dengan mikrokontroler harus pakai rangkaian max232. kemudian di atas dijelaskan kalau harus memakai 2 rangkaian max232, yang satu buat sendiri dan yang satu dari kabel data. tapi saya jadi berfikir kenapa harus pakai 2 rangkaian?? kemudian saya cari referensi lagi, fungsi dari IC MAX232 adalah untuk mengubah tegangan dari level TTL ke level RS232, sebab mikrokontroler menggunakan komunikasi serial pada level TTL sedangkan komputer pada level RS232, makanya harus diubah. pada HP siemens komunikasinya menggunakan level TTL, jadi jika kita menggunakan 1 rangkaian MAX232 yang ada tidak akan nyambung karena level tegangannya berbeda. kalau pakai 2 IC MAX232, maka dari mikro yang levelnya TTL akan diubah ke RS232 oleh rangkaian 1 kemudian diubah lagi ke level TTL oleh rangkaian 2 yang nyambung ke handphone.
    tapi jadinya terlalu berbelit-belit. harus bolak-balik diubah. kenapa tidak langsung aja tanpa diubah. ahirnya saya menggunakan IC 74ls243 (silahkan baca datasheetnya) yang berfungsi sebagai penyambung komunikasi serial asinkron tanpa mengubah levelnya. jadi dari mikro ke IC kemudian langsung ke pin pada handphone. dan alhamdulillah sudah tidak ada masalah lagi.
    mohon koreksinya jika ada kesalahan.

    terima kasih sharingnya.semoga bermanfaat bagi yang lain. mengenai penggantian level tegangan, sebenarnya pernah kepikiran untuk menggunakan buffer IC TTL, cuma karena konektor kabel data untuk siemens lumayan sulit nyarinya, jadi terpaksa beli kabel data yang didalamnya sudah ada MAX232 nya, untuk itu diperlukan IC MAX232

  10. sivanska mengatakan:

    memang sih susah nyarinya, aku aja beli tapi malah gak bisa dipakai sama sekali. waktu aku bongkar, ternyata yang buat salah nyambungin salah satu kabel, jadi gak bisa nyambung. sesudah ku pindah akhirnya bisa. konektornya ya terpaksa aku potong dari kabel datanya, tapi dipotong pas di kabelnya, trus dibuat soket klo gak pakai housing ya pakai pin header/pin sisir, jadi kalau sewaktu2 kabel datanya mau dipakai ke komputer tinggal dicolokin.

  11. byu mengatakan:

    mas pengen tau rangkaian buat siemens c35 ke max 232nya aku dah cob a bikin tapi kok tu siemes sama sekali ga ke detek minta kirim ke emailku yah

  12. indah mengatakan:

    mas saat ini aq lg bikin TA, yaitu mengkoneksikan siemen m35 dgn mikrokontroler atmega8535. dan saat terhubung dapat mengkoneksikan nomor2 penting, tp aq bingung cara mengkoneksikan?? bisa bantu???

    hmmm, ini proyekku kemaren, tapi gak lolos. prinsipnya gunakan aja atd (ada di at command), prosedurnya ngikuti aja ya di at command. koneksinya seperti biasa aja, cuma saat ingin menghubungi nomor2 penting, gunakan perintah “atd”

  13. thomas mengatakan:

    saya mau nanya saya pakai siemens s45. untuk pakai hyper terminal apakah harus install drivernya terlebih dahulu.. trims.

    tidak perlu

  14. thomas mengatakan:

    saya pakai siemens s45 dengan baud rate 56000. dicoba pake hyper terminal tidak masalah. yang saya mau tanyakan mikrokontroler tipe apa yang mensuport serial 56000 bps? dan berapa kristal yang diperlukan. terima kasih banyak.

    saya rasa mikrokontroler AVR (ATmega 8535/8515) dah support untuk komunikasi dengan baudrate 56000 bps, kristal yang dipake bisa menggunakan kristal 11.0592 MHz. saya pernah menggunakan ATmega8515 untuk komunikasi dengan baudrate 250 kbps dengan kristal 12 MHz.

  15. lucky mengatakan:

    aq pake mikro ATMega8535, mau aku hubungin pake hp SIEMENS M55.n mau bikin pake program C++,yang aku tanyain
    1.baudrate M55 sama ga kaya M35.kalo tidak berapa?
    2.gimana programnya C++ untuk baca dan kirim SMS
    maaf banyak nanya?lagi mau belajar
    trimakasih

  16. thomas mengatakan:

    bagaimana kalau pakai at89s52 dengan kristal 22,1184Mhz. apakah bisa? thx.

  17. thomas mengatakan:

    bagaimana bila saya pakai siemens s45. apakah pin 4 dan 7 harus dikasih 5 volt juga? terima kasih..

  18. nabie ebid mengatakan:

    mau tnya nie???
    slaeN siemens ada hp yng lain gak??coz siemens tipe2 gitu suLit banget nyarinya……………….

  19. David mengatakan:

    Saya punya HP siemen M35 tapi tanpa kabel data.Gimana caranya kl mw bwt kabel datanya? apakah pke RS232 kemudian di PC DB 9 male or female?hubungan pin-pinya apa aja y?thx

  20. syafrullah mengatakan:

    mas…mau nanya adakh program untuk mengkoneksi interface hp dengan mikrokontroller, klo ad tolong bantuin mas..saya gi nyusun TA dan kebetulan saya pake hp siemens M35..makasi mas sblmnya.

  21. syafrullah mengatakan:

    mas minta bantuan dong….tolong kirimkan rangkaian yang mengkoneksi hpM35 dengan mikrokontroller8535..oya salam kenal y mas….

  22. Budiawan mengatakan:

    salam kenal mas.

    Saya lagi ada masalah dengan komunikasi hp. saya mo menghubungkan w550 dan mikro.klo pake rs232 kok gak bisa ya padahal di pinoutnya ada pin yang fungsinya untuk “DTMS & DFMS” (Data to mobile station dan data from mobile station). Sama gak ya DTMS/DFMS dgn tx rx.

    Mohon bantuannya dan terima kasih.

  23. sud3wo mengatakan:

    Mas mo nanya dong, saya dah buat percobaan kaya mas dengan menggunakan mikon at89s51 dan hp c55, saya pake kabel data dari hp trus saya masukan db9 buatan sendiri dan keluaran ke pc tapi cuma kaki 2,3,5 saja yang saya hubungkan…dan bisa untuk perintah dengan at-command (berarti tanpa ambil supply port 4 dan 7 dari pc), lalu mikrokontroler saya hubungkan juga dengan pc dan program memberikan perintah at+cmgd=1 pada hyperterminal, tapi pas saya coba mikon dengan hp ko inbox sms ga ke hapus ya….padahal saya sudah praktek seperti mas (port 4 dan 7 diberi supply 5 volt)
    kira2 kenapa ya mas?????

  24. darman mengatakan:

    mas, numpang tanya,apakah hp siemens dapat langsung di sambungkan ke mikrokontroler tanpa menggunakan ic max232.terima kasih

    asalkan mikrokontrolernya bekerja pada tegangan 3.4 volt, tidak masalah. tapi kalo beroperasi pada 5 volt, kasihan I/O hpnya

  25. wins mengatakan:

    mas … aku mau ngoprek kabel data c55 bluetech yang ada chargernya. menjadi kabel c45. kabel c55nya cuma ada 3 kabel RX,TX,ama GRD trus ngrubahnya gimana mas biar bisa dipake hp c45? konector c45 dah siap tinggal rangkaiannya yang gak punya. mohon bantuannya serta gambarnya dikirim ke mailku ya mas. trim sebelumnya

    kalo ada chargernya mustinya kabelnya gak hanya 3, minimal 4. kalo dah punya konektor untuk c45, tinggal sambungin aja kabel rx,tx,gnd sesuai urutan pin pada c45 (dengan asumsi dikabel data bluetech dah ada rangkaian converternya

  26. rendy mengatakan:

    mas saya mau nanya neh…
    saya lagi bikin TA, prosedurnya saat micro saya dapet clock, maka maka hp siemens m35 langsung mengirim sms ke nomor saya…

    Saya masih bingung, gimana cara koneksiin micro saya dengan hp m35.

    ada list programnya ga mas??

    trus pas uda nyambung, comand apa yang harus saya berikan agar hp terdebut mengirim sms…

    mohon penjelasannya yah…

    plizzz…

    ato low mau beli bukunya, judulnya apa??
    sapetnya dimana???

    tolong banget yah mas,, plizzz,, plizz,,

  27. genk mengatakan:

    mas sy punya modul avr atmega16 dan modem siemens mc35i. konfigurasi kabel untuk koneksinya bagaimana ya? sy mau menjalankan program send sms via avr. avr dngan program yg ada sdh bisa komunikasi dengan pc lewat hyperterminal. modem jg sdh bisa send sms via pc lewat hyperterminal. saat konek antara avr dan modem gak bisa kirim sms. model avr sdh ada 1 bh ic max232 keluarannya cuma 3 kabel rx tx dan grnd. mohon bantuannya mas. tks

  28. FIRMAN mengatakan:

    MAS saya mo nya neh?
    sya lgi bikin TA ….tlong mas….ADA LIST PROGRAM
    girim SMS DARI MIKCRO ATmega 8535
    menggunakan bahasa pemograman BASCCOM
    MENGGUNAKAN HP SIEMENS C45
    MOHON BANTUANN NYA MAS……

  29. vey mengatakan:

    mas mau tanya saya punya hp c55 . dah tak coba di teraterm/hyperteminal buat ngirim dah bis a cek inbox jg bisa ,terus micro16 saya tak coba progam serial juga bisa tetapi setelah tak gabung g bisa jaln.
    pdhl aturanya dah bener

    {printf(“at+cmgs=24”);//bad
    putchar(13); // enter
    while(getchar()!=62); //ascii >
    if(getchar()==32); // ascii spasi
    {
    printf(“07912658050000F011000C818065559472980000FF0BE136790D4ACF41E23019”);
    putchar(26); // crtl-z
    }
    break;

    pdhl dah bsesuai . saya pakai rx tx dan gnd aj vcc tidak tak sambungin

Tinggalkan Balasan

