Dead Pixel Pada LCD Display

Monitor LCD, memang memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan monitor CRT (menurutku), karena selain ringan, hemat energi, juga  tidak membuat mata cepat lelah. Setelah beberapa waktu yang lalu mengikuti seminar tentang teknologi pada LCD, yang aku posting kemaren, aku penasaran.

Kalo TFT pada LCD berfungsi sebagai saklar, tentu ada saklar yang gak bekerja, mungkin saat fabrikasi.

Ternyata tanya2 sama mbah google, eh ternyata emang ada. Namanya dead pixel. Dead pixel adalah pixel yang tidak nyala, dikarenakan TFT yang ada tidak bekerja (rusak). Dalam satu pixel sebenarnya ada 3 sub pixel untuk membentuk satu warna, yaitu sub pixel merah (R), sub pixel hijau (G), dan sub pixel biru (B). Bila hanya satu sub pixel saja yang tidak berfungsi (mati), maka kemungkinan pada layar akan memunculkan warna yang berbeda dari yang aslinya. (misal warna yang asli adalah kuning, karena sub pixel hijau mati, maka yang muncul justru biru). Bila yang mati adalah ketiga sub pixel dalam satu pixel, maka akan muncul adanya spot, atau titik hitam pada monitor. Bila jumlah spot ini terlalu banyak, wah bisa berabe ya. Setelah tanya2 mbah google akhirnya ada perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengecek apakah monitor LCD yang kita miliki ada yang TFT nya tidak bekerja sehingga muncul spot/titik hitam. Perangkat tersebut ada di killdeadpixel.com. Perangkat ini juga (katanya) dapat menghilangkan dead pixel pada taraf2 tertentu dengan cara men drag gambar kerkedip pada area yang kemungkinan terdapat dead pixel.

3 Balasan ke Dead Pixel Pada LCD Display

  1. wirotomo mengatakan:

    aku punya dua notebook jaduel thosiba tekra yang sudah rusak
    tapi aku yakin LCD masih fungsi dengan normal, misalnya dibonkar trus difungsikan lagi lcd na bisa gak ya mas?
    kalo bisa, bagi2 dong cara catu daya nya n urutan kabel datany misalnya di konversi ke kabel VGA.
    mohon pencerahnya.
    THX

  2. AriqX mengatakan:

    Kalau yang untuk ponsel AdA???

  3. vivi mengatakan:

    saya masih smp tapi sudah belajar menggunakan laptop akhir’2 ini ada garis – garis kuning tegak lurus banyak yang menggatakan itu dead pixel tapi saya tidak mengerti bagaimana cara membersihkan nya tolong penjelasan yang lebih lengkap yhaa 🙂 trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: