Bermain-main dengan LCD Display

LCD Display merupakan salah satu media yang digunakan sebagai penampil pada sistem berbasis mikrokontroler. Selain LCD display sebenarnya ada banyak cara untuk menerjemahkan sebuah data menjadi informasi yang dapat dipahami manusia, seperti melalui led, seven segment, maupun PC. LCD display memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan perangkat yang lain untuk menampilkan sebuah data, antara lain, hemat energi, ringan, proses perancangan yang relatif lebih mudah, dan mampu menampilkan karakter berbasis kode ASCII, bahkan LCD display mampu menampilkan karakter sesuai denga yang kita inginkan (misalnya huruf jawa), dengan seting2 tertentu.

Dipasaran sendiri ada banyak macam LCD display yang tersedia, baik yang berupa grafik maupun teks. LCD display grafik mampu menampilkan data dalam bentuk image,sedangkan text akan menampilkan karakter. Salah satu LCD display dalam bentuk teks adalah M1632 yang merupakan LCD text yang mampu menampilkan 16×2 karakter. Berikut susunan pin dari LCD M1632:

Fungsi masing2 pin adalah :

pin 1=VCC (5 volt)

pin2=ground

pin3=VEE (tegangan kontras pada LCD), semakin rendah tegangan, penampilan karakter semakin jelas

pin4=RS (register select), 1=register data, 0=register perintah

pin5=R/W, mode baca/tulis, pada kondisi normal, pin R/W=0

pin6=E, clock enable, logika 1 setiap pengiriman data

pin7-14=databus 0 – databus 7

selain ke-14 pin, ada juga dua pin yang letaknya terpisah yang digunakan untuk back light.

Sebelum dapat menggunakan LCD display, maka terlebih dahulu harus mengeset mode operasi dari LCD tersebut, atau dikenal dengan inisialisasi. Berikut contoh program untuk inisialisasi dengan menggunakan mikrokontroler AVR, dimana LCD digunakan pada mode 8 bit:

;=========================
;routine initialisasi LCD
;=========================
init_LCD:
rcall tunda
ldi buffer1,$3F
rcall write_command
rcall tunda
ldi buffer1,$0D
rcall write_command
rcall tunda
ldi buffer1,$06
rcall write_command
rcall tunda
ldi buffer1,$01
rcall write_command
rcall tunda_lama
ret

;=========================================
;routine pengiriman perintah ke LCD
;=========================================
write_command:
cbi PORTC,LCD_RS
sbi PORTC,LCD_CS
out PORTD,buffer1
nop
nop
nop
cbi PORTC,LCD_CS
sbi PORTC,LCD_CS
ret

Berikut contoh potongan program untuk menampilkan karakter ke LCD (dalam mode ASCII), dimana ketika pertama kali dihidupkan akan muncul angka 123456789:
ldi buffer1,$31
terus:
rcall write_data
rcall long
inc buffer1
rjmp terus

;=========================================
;routine pengiriman data ke LCD
;=========================================
write_data:
sbi PORTC,LCD_RS
sbi PORTC,LCD_CS
out PORTD,buffer1
nop
nop
nop
cbi PORTC,LCD_CS
sbi PORTC,LCD_CS
ret

3 Responses to Bermain-main dengan LCD Display

  1. fati berkata:

    makasih yah….infonya

  2. aero berkata:

    thanx yap

  3. yosua berkata:

    Tks Ya..

Tinggalkan komentar