Bermain-main dengan MOC302x

Ketika mengambil judul tugas akhir, pernah aku menggunakan komponen dengan seri MOC3021. Komponen ini merupakan opto isolator yang digunakan sebagai antar muka (interface) antara peralatan dengan menggunakan tegangan DC (seperti mikrokontroler, PC), dengan peralatan yang menggunakan tegangan AC (lampu, motor listrik). Ketika tugas akhir, komponen ini kugunakan sebagai antar muka untuk mengendalikan lampu dimmer dari mikrokontroler. Rangkaian penggeraknya sendiri menggunakan triac, sehingga kendali triac dengan menggunakan MOC3021 lebih mudah, karena hanya memberi pulsa tertentu pada trigger MOC3021.

Setelah sekian lama tidak lagi menggunakan komponen tersebut, beberapa waktu yang lalu, ada temen yang minta dibuatkan alat untuk mengaktifkan satu peralatan. Prinsip dari peralatan yang ingin dibangun hanyalah semacam multiplexer, namun komunikasi yang ada merupakan komunikasi dua arah (bidirectional). Setelah coba2 selama 2 minggu dan tidak menemukan hasil yang diinginkan, akhirnya kepikiran tentang komponen yang pernah aku jumpai. Ya, komponen itu adalah MOC3020. Sebenarnya ingin nyari yang seri MOC3021 karena harga yang lebih murah, namun karena tidak ada, ya udah dapet yang MOC3020, dengan harga yang lebih mahal. Setelah dibaca di datasheet ternyata, seri ini mampu mengalirkan arus trigger yang lebih besar (mungkin ini alasan kenapa lebih mahal). Setelah dapat komponen akhirnya aku mencoba untuk memanfaatkan komponen MOC3020 ini bukan sebagai solid state relay ataupun pengendali lampu dimmer, namun aku gunakan untuk mengendalikan laju data dua arah. Akhirnya dengan menggunakan resistor 330 ohm untuk pembatas arus pada trigger, dicobalah MOC3021 untuk mengendalikan laju data. Dan ternyata bisa. Hmmm, akhirnya aku bisa merancang sebuah alat untuk memilih peralatan yang bisa komunikasi hanya dengan komponen yang relatif kecil (hanya 6 pin).

5 Balasan ke Bermain-main dengan MOC302x

  1. yoting (Al) mengatakan:

    wuh cocok banget, mas mau minta tolong ni, bisa minta contoh rangkaian triac dengan MOC nya g?? kebetulan q juga lagi TA pkek triac buat ngatur intensitas nyala lampu. tapi trigger nya berasal dari tegangan DC. sudah 3 bulan ini saya mengalami kesulitan..
    trimakasih sebelumnya..

    kalo untuk rangkaian pengatur intensitas nyala lampu sebenarnya relatif sederhana. jadi pada photo diode pada MOC, rangkaian yang dipake mirip dengan rangkaian led aja. cuma ada resistor yang ke + (nilainya ditentukan oleh tegangan DC pada rangkaian tersebut, pada 5 volt biasanya aku pake 330 ohm), trus pada kathoda biasanya yang digunakan untuk mengendalikan (misal dihubungkan dengan port mikrokontroler). Kemudian untuk driver triacnya, salah satu pin dari MOC tersebut dihubungkan dengan 220 volt (di seri dengan resistor tentunya), dan pada pin satunya disambungkan ke gate dari triac. Untuk menyalakan triac cukup dipicu kurang lebih 2 mili detik. Untuk mengatur nyala redup terang (dimmer), bisa dengan mengatur sudut picunya. Untuk referensi sudut picu biasa menggunakan zero crossing detector

  2. niki mengatakan:

    yang saya bingung, emergency lamp (EL)saya rusak tapi gak tahu rusak apanya. pertama saya coba charge harusnya kalo baterai kosong lampu merah nyala sbg tanda baterai diisi ulang kalo full lampu hijau yang nyala. tapi saat saya colok ke listrik lampu hijau nyala sementara kalau saya coba cabut neon gak bisa nyala. terus saya berpikir mungkin baterainya yang rusak, kemudian saya ambil baterainya saya pasang ke EL yang lain untuk di charge pake EL lain dan ternyata lampu merah nyala, kemudian saya tunggu beberapa waktu kemudian baterai tersebut saya pasang kembali ke EL yang saya anggap rusak, ternyata mampu menghidupkan lampunya. tapi begitu saya colok ke LIstrik lagi lampu neon mati tapi indikator lampnya yang hidup hijau lagi. kalau mengalami hal yang berikut berati rusak apanya ya ??? ada yang gak tahu gak ya ????

  3. jimmy mengatakan:

    untuk ic moc nya beline dimana mas.soale saya cari2 dh muter2 gk ad yang punya.pleeeeeease banget lagi butuh banget..thanks

  4. b1llybp mengatakan:

    mas ne saya juga lagi TA…
    klo mw ngatur frekuensi pada atmega16 gmn y caranya….?
    cz q jg pake rangkaian lampu dimmer namun untuk aplikasi pemanas…
    thanx….

  5. agus mujianto mengatakan:

    mas,bisa minta rangkaian lengkapnya untuk driver triac,..saya mau mengunakan untuk mengatur intensitas cahaya lampu..tlng kirim ke email ya..terim kasih

Tinggalkan Balasan

